Marketing merupakan
salah satu bagian dari perusahaan yang memiliki peran penting dalam
menentukan kemajuan perusahaan tersebut. Sebab, bidang ini memiliki
fungsi untuk menghasilkan pemasukan bagi perusahaan. semakin besar
pemasukan yang berhasil dicapai, maka perusahaan akan makin berkembang.
Dan demikian pula sebaliknya.
Meski
demikian, bidang marketing ini tidak bisa berdiri sendiri dalam sebuah
perusahaan. Setiap aktivitas yang dilakukan divisi ini, memiliki
hubungan dan keterkaitan dengan setiap bagian dalam perusahaan. Seperti
bagian produksi, sumber daya manusia, riset dan pengembangan dan
terlebih dengan bagian keuangan.
Tanpa hubungan yang selaras dengan semua bagian tersebut, maka divisi marketing tidak akan bisa menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Dengan bagian produksi, bagian marketing memiliki kebutuhan untuk mengenal karakter produk yang pasti sangat dikuasai oleh bagian produksi dan tugas dari divisi marketing adalah menyampaikan karakteristik produk tersebut kepada masyarakat.
Ada beberapa cabang yang menjadi bagian dari marketing. Beberapa cabang tersebut seperti bidang sales, promosi dan juga komunikasi pemasaran. Ini yang perlu dipahami, karena di masyarakat pada saat ini banyak yang rancu mengenai pemahaman antara marketing dan sales. Padahal, kedua hal tersebut pada dasarnya berbeda, meski pun masih dalam satu lini sistem.
Fungsi Marketing dalam Perusahaan
Setiap
bagian dalam perusahaan, memiliki fungsi sendiri-sendiri. Meski secara
umum, tujuan setiap bagian tersebut adalah untuk membawa kemajuan
perusahaan. Namun secara spesifik, ada fungsi yang harus dicapai oleh
masing-masing bagian tersebut.
Untuk
fungsi marketing sendiri, ada beberapa hal yang menjadi fungsi bagian
tersebut. Beberapa fungsi divisi marketing di antaranya adalah :
- Sebagai bagian yang memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat, melalui produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Peran ini disebut sebagai peran promosi.
- Marketing bertugas menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara menjual produk perusahaan tersebut. Peran ini adalah salah satu dari fungsi marketing di bidang sales.
- Divisi marketing berperan menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjadi jembatan antara perusahaan dan lingkungan eksternal. Hal ini dilakukan sebagai perwujudan konsep marketing communication.
- Marketing memiliki tugas untuk menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk mendukung peningkatan kualitas dan penjualan produk. Hal ini adalah peran marketing di bidang riset dan pengembangan.
- Marketing bukanlah tentang menjual produk, namun bagaimana meraih konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama.
- Perbedaan mendasar antara sales dan marketing
- Memahami dan memperkuat customer engagement
- Membangun sebuah brand story atau story telling
- Keuntungan membangun distribusi melalui e-commerce
- Kegagalan Marketing Plan
Bermanfaat :) trimakasih
ReplyDeletesumbernya kok gk ada ya kak?
ReplyDeleteMarketing dlm sistem bisnis konvensional tidak bisa berjalan natural & terukur, kadang berlebih konsumen (melebihi kapasitas/kemampuan) kadang kurang konsumen (di bawah kapasitas).
ReplyDeleteDan yg paling penting sgt sulit mempertahankan konsumen dgn tingginya tingkat persaingan usaha.
Pakai sistem bisnis berbasis waktu (time based business system) maka marketing akan berjalan natural & mengikuti ukuran/kapasitas seiring dengan pertumbuhan transaksi.
http://tgconsulting-sistemamany.blogspot.co.id/2017/10/sistem-amany-sebagai-solusi-total.html?m=1