Laman

Wednesday, June 24, 2015

Taman Wisata Alam Gunung Tunak Lombok

video

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak atau Tunaq. Setelah sekian lama tinggal di Lombok baru kali ini saya tahu ternyata Lombok mempunyai taman wisata yang sangat menakjubkan. Menurut Undang-undang No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Taman Wisata Alam adalah kawasan pelestarian alam yang terutama dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam. Taman Wisata Alam Gunung Tunak sendiri ditetapkan berdasarkan SK Menhut No. 425/Kpts-II/1996 tanggal 9 Agustus 1996 seluas 312 Ha. Entah kurangnya promosi wisata atau bagaimana tapi ternyata taman wisata ini memang ternyata kurang familiar bagi masyarakat Lombok sendiri dibanding dengan tempat wisata lainnya.

Tapi saya bersyukur, karena kurang familiar jadinya tempat ini cukup sepi dan nyaman untuk dijadikan tujuan wisata jalan-jalan dan masih cukup asri dan bersih walau masih bisa ditemukan beberapa sampah.

Kira-kira perlu waktu hingga dua jam dari kota Mataram menggunakan mobil, saran saya kalau ke tempat ini lebih baik menggunakan mobil bagi wisatawan yang bukan masyarakat asli Lombok karena rute menuju tempat ini cukup sepi untuk antisipasi kalau ada tindak kejahatan yang tidak diinginkan. Rutenya sendiri dari Mataram adalah menuju Bandara - Pantai Kuta - TWA Tunak.

Yang membuat menarik tempat ini adalah adanya menara yang menyerupai mercusuar yang wajib dinaiki bila kita ingin melihat keindahan TWA Tunak secara menyeluruh, walau sebenarnya TWA Tunak ini masih sangat luas untuk dijelajahi. Bukit-bukit kecil yang berada di TWA Tunak membuat seakan-akan tempat ini bukan berada di Lombok.









No comments:

Post a Comment