Laman

Thursday, February 9, 2017

Diabetasol vs Tropicana Slim, Siapa yang lebih manis dipasar pemanis ?


Sering kali seseorang tidak menyadari begitu banyak asupan gula dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes, sehingga usaha preventif sebaiknya dilakukan sendini mungkin seperti mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Pasar gula rendah kalori pengganti gula asli di Indonesia masih sangat terbuka luas, hal ini dikarenakan menurut WHO,  Indonesia berada kedalam peringkat 10 besar negara yang mempunyai penyakit diabetes tertinggi di dunia. Pola makan yang berlebihan, tidak pernah berolahraga, dan obesitas menjadi beberapa penyebab mengapa penyakit Diabetes terus meningkat.


Melihat peluang tersebut, Kalbe Nutritionals dengan produk unggulan Diabetasol dan PT Nutrifood Indonesia dengan produk unggulannya Tropicana slim terus bersaing dan berlomba memperebutkan market share gula rendah kalori pengganti gula.


Diabetasol, dengan tagline "Ahlinya solusi Diabetes" dan dengan campaign 3J-nya (Jumlah, Jenis dan Jadwal makan) hadir dengan 2 jenis produk yaitu Susu dan Sweetener (pemanis). Mayoritas penderita diabetes pasti mengenal Diabetasol, hal ini karena Diabetasol sendiri merupakan market leader untuk kategori susu diabetes. Saat ini Diabetasol terus berusaha untuk menjadi yang terbaik di kategori sweetener. Untuk produk gula rendah kalori, Diabetasol hanya mempunyai 2 varian yaitu Diabetasol Sweetener nol kalori dan stevia dengan keunggulan rasa manisnya tidak berubah saat suhu tinggi.



Berbeda dengan Diabetasol yang hanya mempunyai 1 varian sweetener, Tropicana Slim hadir dengan berbagai macam pilihan varian produk gula rendah kalori yang disesuaikan dengan target market konsumennya antara lain Tropicana Slim Classic, DIABTX, Stevia, I sweet, dan lemon-C. Selain itu Tropicana Slim mempunyai berbagai macam produk yang dapat membantu mencegah penyakit diabetes seperti susu, sirup, kopi, mie goreng, beras merah, madu, kecap, dan minyak goreng.

Selain untuk membantu mencegah diabetes dan mengontrol kadar gula darah, Tropicana Slim juga mempunyai image sebagai produk untuk menjaga kesehatan dan menjaga badan agar tetap ideal. Tidak hanya menyasar penderita diabetes Tropicana Slim juga juga menjadikan kaum muda yang ingin tampil sehat dan idel sebagai target market mereka, hal ini terlihat jelas saat mereka mengeluarkan produk terbarunya yaitu mie goreng rendah kalori.


Melihat persaingan tersebut, aktivitas ATL dan BTL setiap brand akan sangat menentukan dalam meraih market sharet gula rendah kalori. Tropicana Slim sebagai market leader sweetener tidak boleh tinggal diam menghadapi Diabetasol yang terus berusaha mengambil market sharenya, karena pada prinsipnya mempertahankan market share akan lebih sulit daripada menggapainya, dan Diabetasol juga harus dapat lebih berinovasi dan adaptif dalam menghadirkan produk-produk solusi diabetes, tidak hanya berupa susu dan sweetener saja.

1 comment:

  1. Bagus ulasannya, baru aja bingung cari di supermarket

    ReplyDelete