Marketing dan sales adalah beda
Jika ditanya “apakah sales dan marketing itu beda???” sebagian besar
masyarakat pasti akan menjawab bahwa dua hal tersebut sama. Padahal
sebenarnya kedua istilah tersebut sangatlah berbeda. Namun masyarakat
sering menyalah artikan bahwa sales dan marketing memiliki arti yang sama, yaitu jualan produk.
Sebenarnya yang dimaksud dengan marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga,
mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk
memuaskan konsumen. Sedangkan sales merupakan kegiatan yang hanya fokus
pada menjual produk, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja.
Dari pengertian yang ada, sudah jelas bahwa proses marketing lebih
panjang dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan proses sales. Dalam strategi marketing, terdapat 4P bahkan ada yang menambahkan sampai 7P, yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (proses), people (orang), Physical evidence (bukti fisik). Sedangkan sales hanya menjadi salah satu bagian dari promotion (promosi), sehingga tidak memperhatikan faktor lain yang dapat menunjang pemasaran.
Perbedaan selanjutnya dalam strategi marketing,
para marketer atau pemasar selalu menjaga brand image product. Sehingga
konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk karena sudah mengetahui
kualitas produk dan image brand produk tersebut. Sedangkan strategi
sales adalah mereka tidak mementingkan untuk menjaga image brand produk,
namun yang terpenting mereka menawarkan kepada pasar dengan cara
menginformasikan kelebihan produk, agar konsumen tertarik dan membeli
produknya. Dan yang lebih menarik lagi adalah salesman tidak pernah
memikirkan apakah konsumen terpuaskan atau tidak, yang terpenting adalah
produknya laku terjual dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan
terpenuhi.
Meskipun
begitu, ada beberapa perusahaan yang menjadikan sales sebagai bagian
dari marketing, namun tetap membedakan tugas kerja mereka. Jika
marketing fokus pada perencanaan strategi pemasaran produk yang sesuai
dengan 4P atau 7P bagian dari marketing mix, maka sales akan mulai bekerja setelah produk sudah siap dipasarkan. Jadi bisa dibilang marketing merupakan tim yang menyusun strategi pemasarannya, sedangkan sales merupakan tim pelaksananya.
Perbedaan sales dan marketing
lainnya adalah, bahwa hubungan sales dengan konsumen hanya sampai
proses transaksi jual beli, setelah itu sales tidak bertanggungjawab
lagi menjaga hubungan baik dengan konsumen. Sedangkan hubungan marketing
dan konsumen harus tetap terjaga dari mulai sebelum transaksi, sampai
setelah transaksi untuk menjaga loyalitas pelanggan.
Sebuah perusahaan tidak bisa berhasil memenangkan persaingan pasar
jika hanya mengandalkan sales. Dan sales tidak akan tercipta dengan baik
jika tanpa didukung dengan strategi marketing yang baik. Setiap
perusahaan bisa melakukan penjualan, namun belum tentu setiap perusahaan
mampu merencanakan strategi pemasaran yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya. Semoga bermanfaat dan salam sukses.
Sales baru bekerja setelah produk sudah tersedia sedangkan marketing sudah sibuk jauh hari sebelum produk diluncurkan. Adalah marketing yang merancang strategi produk melalui apa yang kita kenal dengan Segmentasi, Targeting dan Positioning (STP). STP itu lalu diwujudkan dalam marketing mix yang terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion (4P).
Setelah strategi marketing selesai dirumuskan, produk sudah jelas STP-nya, barulah sales bekerja. Jadi marketing ada di tingkat pemikiran sedangkan sales pada level pelaksanaan. Jika pemikirannya betul, maka pelaksanannya pun betul.
Ibarat di dunia militer, marketing adalah saat dimana rencana penyerbuan disusun. Di mana lokasi musuh, berapa kekuatannya, berapa banyak logistik yang harus disiapkan dan bagaimana cara menjangkau lokasi. Jika strategi benar, eksekusinya benar.
Dengan demikian salesman tahu harus fokus ke konsumen yang seperti apa ketika menjual produk, tidak asal ketemu orang, langsung menawarkan produk. Salesman juga tahu harus ngomong apa ke konsumen, apa yang membedakan produknya dengan kompetitor. Salesman know what to expect sehingga mereka bisa lebih efektif.
Secara singkat marketing is the brain sedangkan sales is the muscle.
Masih banyak perbedaan sales dan marketing, silakan menambahkan sendiri sesuai dengan pikiran atau pengalaman Anda.
sumber : berbagai website
No comments:
Post a Comment