Laman

Sunday, August 13, 2017

Efektivitas klaim nomor satu

Pernah menonton iklan motor Yamaha yang mengklaim sebagai motor paling irit ? iklan Carrefour yang mengklaim menjual produk yang paling murah (kalau ada yang lebih murah akan diganti) atau yang terbaru adalah iklan online shop/ marketplace Shopee yang mengklaim sebagai terbesar dan termurah karena gratis ongkir.



Apakah suatu merk atau produk yang mengklaim sebagai nomor satu atau yang paling unggul memberikan pengaruh kepada calon konsumen dalam melakukan pemilihan produk atau pembelian ?

Konsumen memang lebih senang menggunakan produk yang menjadi market leader seperti Honda motor, Toyota, Pepsodent, Samsung, iPhone, dll. Mayoritas dari mereka menggunakan produk yang menjadi market leader akan kesenangan sendiri karena akan meningkatkan personal branding mereka.

Klaim "nomor satu" akan lebih berpengaruh bagi segmen konsumen yang mempunyai pendidikan dan tingkat ekonomi menengah bawah. Bagi mereka keputusan orang banyak adalah yang paling benar. Kelompok menengah bawah adalah kelompok yang tidak ingin terlihat unik tetapi ingin menjadi bagian dari mayoritas.

Bagi segmen konsumen menengah atas klaim "nomor satu" tidak akan terlalu berpengaruh banyak karena saat ini sosial media lebih memiliki pengaruh terhadap keputusan membeli mereka. Mereka akan melakukan survey terlebih dahulu mengenai produk tersebut, mereka akan mengecek langsung mengenai testimonial atau ulasan tentang produk tersebut sebelum membeli.

Saturday, May 27, 2017

Melihat Potensi Kategori Produk Pengganti Sarapan

Sarapan pagi sangatlah penting dan menjadi kunci untuk menjalani aktivitas. Tanpa sarapan, tentu aktivitas akan terganggu karena tidak adanya asupan energi, Karena itu, walaupun Anda memiliki pagi hari yang sibuk, tetap sempatkanlah diri untuk sarapan. 

Siapa yang tidak kenal merk Quaker dan Energen, produk pengganti sarapan pagi yang instant dan cepat.
Quaker merupakan merk Oat nomor 1 yang telah berusia lebih dari 100 tahun dan Energen adalah market leader minuman cereal di Indonesia. Lebih dari 10 tahun, kategori produk cereal pengganti sarapan pagi dikuasasi oleh dua merk tersebut.

Melihat dominasi produk tersebut, di tahun 2015 keluarlah produk pesaing mereka yaitu Entrasol QuickStart yang merupakan produk minuman cereal yang mengandung oat dan nutrisi tinggi dengan 3-Hi Formula (Hi-Calcium, Hi-Fiber, Hi-Vit D) yang mengklaim mampu menjaga kesehatan tulang dan saluran cerna.
Setelah muncul produk baru tersebut, Quaker tidak tinggal diam mereka juga ikut meramaikan pasar dengan mengeluarkan produk baru yaitu Quaker 3 in 1 yang hadir dengan 2 varian rasa yaitu Coklat dan Original. Jika dibanding dengan produk Quaker Oatmeal, Quaker 3 in 1 ini jauh lebih praktis karena hadir dalam kemasan sache.
Potensi produk pengganti sarapan pagi ini sangat besar, dimana setiap tahun pertumbuhan populasi masyarakat Indonesia sangat besar dan semakin sibuknya pekerjaan serta ditambah kondisi jalan yang selalu macet akan membuat masyarakat perkotaan semakin tidak mempunyai waktu untuk masak dan sarapan, sehingga mereka akan berahli ke produk pengganti sarapan pagi yang cepat dan praktis.

Dominasi pangsa pasar Quaker dan Energen memang belum tergoyahkan sebagai market leader, namun dengan hadirnya pemain baru, secara perlahan market share mereka mulai diambil oleh Entrasol Quickstart. Kedepannya sangat menarik melihat persaingan antara ketiga merk tersebut, Quaker vs Energen vs Quickstart, siapakah yang akan mendominasi pasar ?

Saturday, March 18, 2017

[REVIEW] Disruption : Buku baru Rhenald Kasali

Disruption, buku terbaru dari Rhenald Kasali yang diluncurkan awal Maret 2017. di Gramedia di jual dengan harga Rp 118.000.



Saat ini kita melihat banyak pergeseran dan penurunan perusahaan besar seperti Nokia, Blue Bird dan Samsung yang kalah dengan pemain-pemain baru. Hal tersebut karena semua tengah menghadapi persoalan yang sama, terbelenggu oleh pola pikir lama sehingga sulit menerima fakta-fakta dan cara-cara baru.

Apakah disruption itu ? Disruption adalah sebuah inovasi. Inilah inovasi yang akan menggantikan seluruh sistem lama dengan cara-cara baru. Disruption berpotensi menggantikan pemain-pemain lama dengan yang baru. Disruption menggantikan teknologi lama yang serbafisik dengan teknologi digital yang menghasilkan sesuai yang benar-benar baru dan lebih efisian serta lebih bermanfaat.

Buku ini sangat recommended dibaca di awal tahun karena membahas lebih dalam mengenai tantangan-tantangan apa saja yang akan hadir kedepannya.