Laman

Saturday, June 24, 2017

Men are from Mars, Women are from Venus : 18 Guiding Principles of #MarketingInVenus - 2

#MarketingInVenus Principle #7 : "Your Brand Must Have Charisma"
.
Jika dulu brand awareness dan brand association yang kuat di benak pelanggan sudah cukup. Kini di Venus itu semua tak memadai lagi. Untuk memenangkan pertarungan di Venus, merek haruslah berkarisma.

Merek yang karismatik tidak hanya memberikan emotional, intellectual, apalagi sekadar functional value. Merek karismatik memberikan spiritual value yang menjadi landasan baagi terbentuknya spiritual connection antara merek dan pelanggan.
Ada tiga kriteria dasar merek karismatik. Pertama, merek ataupun perusahaan baru dikatakan memiliki karisma jika ia memiliki kinerja yang tanpa cela secaa berkelanjutan. Kedua, merek dan perusahaan tersebut haruslah sangat dihormati, dipuja-pujam dan memilikki aua yang menyelimuti setiap sisi merek. Ketiga, merek dan peruahaan tersebut memiliki daya magnet dan kekuatan yan besar dalam menginspirasi, menjadi panutan dan merupakan "keyakinan: bagi pelanggan.

Tips sukses di Venus:

1. Ciptakan aura di sekitar merek, buatlah karismanya berpendar! jalankan emotional branding dengan konsisten. Karena karisma bukanlah sesuatu yang bersifat instan. Tentunya dibutuhkan kesabaran dan konsistensi.

2. Untuk menciptakan karisma yang solid harus dipastikan bawha corporate branding dipahami dan dihayati secara internal.

3. Agaar terlihat konkret dan berada dimana-mana, buatlah souveir dan merchandise yang menarik dengan logo merek tertempel padanya. Souvenir dan merchandise merupakan media untuk memancarkan aura pada konsumen

#MarketingInVenus Principle #8 "Empathy has a significant contribution in service"

Diplanet bumi dimana pria dominan, keandalan produk dan layanan selalu menjadi yang terpenting dalam kualitas layanan atau biasa disebut sebagai service quality atau servqual. Namun, di Venus yang notabene emosional ini, empati menjadi hal yang terpenting dalam layanan.

Tips sukses di Venus:

1. Standard Operating Procedure (SOP) memang tidak boleh rigid, tapi harus feleksibel, artinya SOP harus memberi kesempatan kepada frontliner untuk bisa berempati dan agar bisa mengembangkan empatinya kepada pelanggan

2. Di Venus, servis memang tidak ada yang standardized, semua harus personalized services dan harus mengacu pada pelanggan secara "one-to-one" dan berbeda utnuk masing-masing pelanggan. Kalau semua dilakukan serba standard, itu bukan empati namanya.

3. Servis harus menjadi calling alias panggilan jiwa bagi si service provider, bukan merupakan tugas. Kalau servis sudah bisa menjadi calling, maka empati akan menjadi sesuatu yang "natural" yang bisa dilakukan tanpa keterpaksaan

#MarketingInVenus Principle #9 "Involve your customers in the business process"

Tak akan ada yang menyangkal bahwa pelanggan loyal adalah segalanya. Bisa jadi, loyalitas ini adalah jaminan keunggulan bersaing sebuah perusahaan. Hal ini juga bisa menjadi indikator yang lebih andal ketimbang laba dalam mengukur kemampuan perusahaan mencipta value. Kesimpulannya, melibatkan pelanggan dalam proses bisnis perusahaan merupakan core dari keseluruhan upaya membangun loyalitas pelanggan. Dengan begitu, berarti pemasar mengajak pelanggan 'memiliki' perusahaan dan merek mereka.

Tips sukses di Venus:

1. Pergeseran era product-centric marketing  ke customer-centric marketing menuntut pemasar untuk mau tak mau melibatkan pelanggan dalam proses bisnis,
2. Libatkan pelanggan di dalam proses product development, routine order delivery atau customer handling. Pelibatan pelanggan ini akan meningkatkan ownership mereka

3. Libatkanlah secara sungguh-sungguh sehingga mereka punya andil dan kontribusi terhadap perusahaan

#MarketingInVenus Principle #10 "View your market dynamically, use infinite segmentation"

Jangan main-main dengan segmentasi di Venus yang semakin emosional. Pelanggan berubah secara dinamis, pemasar harus melihat dan memperhatikan pergerakan pelanggan dari satu peran ke peran yang lain. Bebaskan mereka untuk "berkelana" menempati beberapa segmen yang telah disusun secara bersamaan. Dengan kata lain, segmentasi ini bisa disebut infinite segmentation.
Sisi lain dalam prinsip venus ini akan fatal kalau kita menyegmentasi pasar berdasarkan kondisi geografis. Gunakanlah segmentasi berdasarkan variable psikografis dan perilaku yang jauh lebih baik dan presisi.

1. Jangan gunakan variabel untuk membagi pasar secara kaku seperti geografi dan demografi. GUnakan variabel yang bersifat psikografis dan perilaku agar segmentasi yang dijalankan akan lebih fleksibel dan optimum untuk menggambarkan kondisi pasar

2. Lihat konsumen secara total. Sebab, orang Venus memiliki multiperan, multi-task, bahkan multikepribadian

3. Dengan melihat pelanggan secara utuh dari berbagai perannya, maka terbukalah berbagai kesempatan. Buktinya, sekarang pria bisa memiliki berbagai jenis barang fashion. Dan wanita pun kini tidak alergi untuk mengutak-atik mobil.

#MarketingInVenus Principle #11 "Don’t forget to target the heart"

Lepas secara fisik mereka -laki-laki dan perempuan-, mereka perlu untuk disentuh hatinya. Kepala mereka telah dipenuhi dengan limpahan informasi yang membingungkan tentang brand yang beragam, sehingga di venus, “encouraging the heart” tak hanya valid untuk pelanggan internal, tapi juga eksternal.

Tips Sukses di Venus:

1. Make your customer fall in love with you! Saat ingin membuat seseorang bisa jatuh cinta, tentunya perlu usaha ekstra untuk memenuhi segala keinginannya. Demikian juga pelanggan, terlebih di Venus. Manjakan mereka dengan memenuhi keinginan dan kebutuhannya!

2. Buatlah desain produk dan materi komunikasi yang mampu merangsang otak kanan pelanggan. Usahakan agar bisa menekankan dan menyentuh sisi emosional pelanggan.

3. To make customer fall in love in you, pastikan SDM perusahaan juga demikian. Karenanya dalam perekrutan, perusahaan harus memperhatikan EQ, bukan sekadar IQ

#MarketingInVenus Principle #12, "Be credible on your promise"

Jangan sekali-kali membohongi pelanggan Venus! Kredibilitas dalam memenuhi janji kita kepada pelanggan sangatlah penting di venus. Wanita akan membenci produk anda selamanya. Parahnya, akan menjadikannya musuh seumur hidup jika anda membohongi mereka, walaupun itu anda lakukan satu kali.
Tips Sukses di Venus:

1. Positioning is about uniqueness. Reason for being. Namun jangan lupa ukur kemampuan perusahaan saat menyusun positioning statement.

2. Seperti yang dikatakan Ir. Ciputra, "Janji adalah utang", dan positioning adalah janji. Maka sekali saja telah menyatakan suatu positioning statement, maka laksanakan dengan sungguh-sungguh.

3. Komunikasi berperan besar dalam membentuk persepsi konsumen. Berilah penjelasan terperinci kepada agensi komunikasi perusahaan untuk memastikan bahwa komunikasi kepada konsumen sudah tepat. Perhatikan juga eksekusinya, jangan sampai sudah lelah mencanangkan sesuai kemempuan dan menjalankan dengan sungguh-sungguh, tapi justru terpeleset karena iklan atau komunikasi yang over promise.

Selanjutnya baca juga :

No comments:

Post a Comment